Lantai yang berkilau tentu memberikan kesan bersih dan terawat pada rumah. Selain itu, lantai yang bersih juga memberikan dampak baik untuk kesehatan keluarga. Tetapi, meskipun kamu melakukan perawatan yang rutin, kamu perlu tahu bahwa tidak semua lantai membutuhkan perawatan yang sama. Jika kamu salah dalam melakukan perawatan lantai, bukannya membuat lantai menjadi bersih justru menyebabkan berbagai kerusakan pada lantai. Lantas bagaimana cara menjaga lantai tetap bersih berkilau?

Untuk menjaga lantai tetap bersih dan berkilau, kamu bisa lakukan sedot debu atau lap dengan kain pel yang dibasahi. Berikut ini cara membersihkan lantai menurut jenis lantai:

Lantai Vinyl

Untuk lantai jenis ini, kamu hanya perlu membersihkannya dengan sapu atau sikat lembut. Kamu juga bisa gunakan penyedot debu lalu bersihkan dengan kain pel basah menggunakan sabun pembersih lantai. Selanjutnya kamu bisa bilas dengan bersih menggunakan air. Jika ada noda lecet, kamu bisa gunakan kain yang dicelupkan dalam cairan pembersih, kemudian bilas kembali dengan air.

Lantai Kayu

Untuk lantai kayu, kamu hanya perlu sapu dan dibersihkan menggunakan kain pel yang dibasahi. Namun, sebaiknya kamu jangan gunakan terlalu banyak air karena lantai berbahan kayu bisa menyerap air sehingga lama-lama menjadi rusak. Kamu cukup sapu secara teratur dan sesekali di cat ulang.

Lantai Cork

Lantai jenis ini kamu perlu melakukan pelapisan perlindungan ekstra, terutama di area dengan lalu mobilitas tinggi  seperti kamar mandi dan dapur. Kamu bisa gunakan sealant akrilik atau poliuretan. Namun perlu diingat bahwa sebaiknya jangan membasahi lantai jenis ini secara berlebihan dan jangan menyeret peralatan furnitur di atasnya agar tidak merusak segel atau lapisan pelindungnya.

Lantai Keramik

Kamu dapat menggunakan spons, kain lembut, atau kain pel untuk mengepel lantai. Perangkat apa pun yang digunakan, pastikan membilas atau memerasnya dengan baik di antara celupan ke dalam ember. Gunakan air dengan sabun pembersih lantai, bilas lantai dengan air bersih sesudahnya.Pastikan lantai benar-benar kering sebelum berjalan di atasnya.

 

Gunakan MorClean Sabun Pembersih Lantai Lemon dan Sereh untuk membuat lantai kamu menjadi bersih, kinclong dan bebas dari kuman.

Sumber:

https://www.rumah.com/berita-properti/2020/9/192705/tips-menjaga-lantai-rumah-tetap-bersih

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/31/183100776/cara-tepat-membersihkan-lantai-keramik-?page=all#:~:text=Bersihkan%20lantai%20keramik,lantai%20dengan%20air%20bersih%20sesudahnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *