Kamar mandi sangat rentan menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Kamar mandi yang bersih juga menjadi salah satu kunci dari rumah yang bersih. Untuk itu, kamar mandi di rumah perlu dibersihkan dengan baik dan benar secara rutin.

Cara membersihkan kamar mandi yang baik dan benar

1. Membersihkan toilet

Menurut sebuah studi dari Journal of Hospital Infection, saat Anda menekan tombol flush sehabis memakai toilet, bakteri berisiko menyebar ke tempat atau benda lainnya karena menempel di tangan.

Kamu harus menggosok toilet baik membersihkan bagian kloset dudukannya maupun bagian dalam toilet menggunakan sabun, desinfektan, atau cairan pembersih khusus toilet seminggu 1-2 kali.

2. Rajin membersihkan dinding kamar mandi

Tanpa disadari, ada begitu banyak air bercampur sabun atau sampo yang menyiprat ke dinding kamar mandi saat kita mandi. Cipratan air inilah yang sering kali memicu timbulnya kerak di dinding. Noda yang ringan dapat kamu hilangkan dengan mengguyur air dan mengelapnya. Kamu juga bisa menggunakan sikat dan sabun atau cairan khusus pembersih kerak jika nodanya cukup membekas.

3. Bersihkan sisa sabun yang menempel

Sabun batang atau sabun cair yang kamu gunakan biasanya akan ada sisa-sisa sabun yang menempel, baik itu di tempat sabun maupun di botol sabun. Jika dibiarkan terlalu lama, sisa sabun tersebut akan menjadi kerak dan semakin sulit dibersihkan. Oleh karena itu, jangan tunda waktu membersihkan sisa sabun batang atau cair yang ada di kamar mandi.

4. Basmi noda karat di keran atau shower

Perhatikan keran atau shower di rumah kamu. Terkadang, kamu bisa menemukan noda karat pada area di sekitar keran atau shower. Noda karat ini tak hanya menempel di keran, tetapi juga bisa meluber hingga ke dinding.

Cara paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan cairan khusus pembersih karat.

Namun, alternatif lainnya adalah memanfaatkan baking soda alias soda kue. Kandungan natrium bikarbonat dalam soda kue dinilai dapat mengurangi noda karat.

5. Membersihkan lantai kamar mandi

Lantai kamar mandi yang kotor bisa menjadi tempat kotoran bersarang. Jika dibiarkan, lumut atau jamur tumbuh di celah lantai kamar mandi.

Maka dari itu, pastikan kamu menyikat lantai kamar mandi secara menyeluruh, khususnya di bagian celah-celah lantai.

Anda bisa menggunakan sabun, karbol, atau produk pembersih rumah lainnya untuk menyikat lantai kamar mandi.

6. Membersihkan saluran air

Kamu mungkin sering melihat ada sisa rambut rontok atau kotoran lainnya di saluran air. Jika dibiarkan terlalu lama, kotoran akan menumpuk dan saluran menjadi tersumbat. Akibatnya, air di kamar mandi lebih mudah mengambang.

Jadi, segera ambil dan buang sisa kotoran dan rambut rontok di saluran pembuang air kamu.

7. Pastikan sirkulasi udara di kamar mandi terjaga

Tahukah kamu bahwa tempat yang terlalu lembap adalah tempat favorit kuman dan jamur untuk berkembang?

Pada dasarnya, kamar mandi memang tempat yang cenderung lembap. Namun, kelembapannya bisa semakin tinggi jika sirkulasi udara kamar mandi kurang baik.

Oleh karena itu, pastikan udara keluar dan masuk dengan mudah di kamar mandi. Jika tidak sedang menggunakan kamar mandi, biarkan pintunya terbuka lebar.

Nah demikian tips-tips membersihkan kamar mandi dengan baik dan benar. Setelah beres membersihkan semua bagian kamar mandi, pastikan kamu tidak lupa mencuci tangan dengan benar agar kuman dan bakteri hilang.

 

Sumber:https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebersihan-diri/cara-membersihkan-kamar-mandi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *