Saat pakaian terdapat banyak noda, biasanya kita lebih dulu merendamnya dibandingkan pakaian yang tidak terlalu banyak noda. Karena dengan direndam, kotoran mudah dibersihkan dan tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra saat mencucinya.

Whirlpool Institute of Fabric Science seperti dikutip laman Pop Sugar menjelaskan bahwa pakaian basah atau yang diredam disarankan hanya boleh dibiarkan sekitar 8-12 jam. Semakin lama pakaian di rendam, baju akan berbau apek, beresiko melar, bahkan bisa berubah warna, terlebih jika bahan pakaian yang mudah luntur. Baju yang dihiasi aksen manik atau embellishment logam juga sebaiknya juga tidak direndam terlalu lama, karena manik bisa jadi lebih rapuh dan mudah lepas. Sementara bahan-bahan logam seperti ritsleting dan kancing logam bisa berkarat dan menodai baju.

Selain itu, pakaian yang direndam lama juga berpotensi memunculkan bakteri dan jamur, serta jadi penyakit. Laman Womans World menjelaskan, pakaian yang direndam dan dibiarkan basah di dalam mesin cuci terlalu lama dapat memicu masalah kesehatan, seperti bersin dan batuk. Bagi kamu yang sensitif terhadap jamur, dapat memunculkan alergi seperti gatal-gatal sampai asma. Jamur juga dapat menyebabkan masalah kesehatan pada anak-anak, orangtua, dan penderita eksim yang berisiko pada penurunan sistem kekebalan tubuh.

Jadi rendam pakaian di larutan deterjen atau pewangi tak lebih dari setengah hari.

Sumber :

https://www.merdeka.com/gaya/bahaya-merendam-cucian-terlalu-lama-bikin-apek-sampai-sebabkan-penyakit.html

https://www.hipwee.com/hiburan/rendam-kucek-jemur-pake/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *