MORITA – Semenjak pandemi COVID-19 melanda dunia untuk dapat melakukan liburan menjadi suatu hal yang nyaris mustahil dilakukan, terlebih diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Berbulan-bulan menjalani hari-hari yang berat maka ketika pemerintah mengumumkan pembukaan kembali beberapa tempat pariwisata secara bertahap menjadi satu berita yang menggembirakan.

Syarat utama pembukaan tempat wisata adalah wajib menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat ditempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan COVID-19.

 

Rasa bosan bahkan stres banyak melanda masyarakat akibat terjadi pembatasan aktivitas dan mobilitas yang mengungkung. Kita sudah mengetahui dampak buruk rasa bosan yang berlarut menimbulkan stress sehingga akan mengganggu kesehatan, baik kesehatan fisik, mental maupun rohani. Liburan dapat dipilih sebagai salah satu jalan keluar untuk mematahkan belenggu kebosanan dan stres.

 

Tentunya dalam menjalankan liburan dimasa pandemi ini kita harus menyesuaikan diri dengan melakukan kebiasaan baru. Beberapa hal penting yang harus dicatat dan dilakukan sebelum dan saat pergi liburan.

Liburan dengan Keluarga Serumah

Dianjurkan melakukan liburan hanya dengan keluarga serumah saja. Mengapa? karena kita tahu persis kondisi mereka, baik itu hal aktivitas, kesehatan dan interaksi yang mereka lakukan.

 

Atur Jadwal Liburan

Agar liburan aman dan dapat terencana dengan baik, aturlah waktu liburan jauh-jauh hari. Merencanakan jauh-jauh hari akan memudahkan mempersiapkan semua kebutuhan seperti: transportasi, akomodasi dan bahkan konsumsi. Usahakan tidak melakukan liburan pada tanggal-tanggall merah karena biasanya tempat wisata penuh sesak orang berwisata. Inilah satu keuntungan melakukan liburan hanya dengan keluarga serumah.


Cari Tempat Wisata Aman dan Nyaman

Luangkan waktu untuk mencari tempat wisata dan informasi tentangnya selengkap mungkin. Kondisi aman dan nyaman dari lokasi tempat wisata yang dituju harus menjadi prioritas utama. Jangan malas membaca ulasan (review) sebagai bahan referensi. Terlebih di masa pandemi ini, jangan pernah berprinsip ‘kemana saja asal kaki melangkah’. Jenis liburan yang bisa dijadikan pilihan: staycation, camping ground, ke pantai,naik gunung.

Persiapkan Semua Kebutuhan

  • Transportasi

Melakukan perjalanan akan lebih nyaman jika menggunakan kendaraan pribadi. Berguna untuk mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Sekalipun berkendaraan pribadi, tetap lakukan protokol kesehatan seperti: menggunakan masker dan memperhatikan jumlah penumpang untuk melakukan pembatasan jarak fisik. 

  • Penginapan

Pilih penginapan yang telah menerapkan protokol kesehatan. Jika di penginapan disediakan kolam renang atau tempat kebugaran lebih baik tidak menggunakannya. Jika terlalu kuatir menggunakan perlengkapan makan yang disediakan penginapan sebaiknya bawa alat makan sendiri.

  • Konsumsi & Perlengkapan Pribadi

Mengurangi kontak fisik dengan orang lain, sebaiknya mempersiapkan konsumsi dan perlengkapan pribadi sendiri, terlebih jika membawa anak-anak dan lansia.

Pahami Peraturan Yang Berlaku

Setiap daerah (tempat wisata) memiliki kebijakan masing-masing terkhusus dalam menerapkan penanganan COVID-19. Bisa jadi ada pembatasan masuk ke daerah tertentu. Sebelum pergi liburan, cari tahu informasi mengenai peraturan di daerah yang akan dikunjungi. Pahami apakah ada persyaratan khusus untuk datang ke sana atau saat kembali ke daerah asal.

Menjalankan Protokol Kesehatan

Di saat sedang liburan, biasanya kita banyak melakukan aktivitas fisik. Tangan menjadi cepat kotor. Kuman ada dimana-mana dan bisa menyebar kapan saja. Menjaga kebersihan tangan adalah salah satu bagian dari protokol kesehatan. Oleh karena itu kita harus selalu membawa hand sanitizer kemanapun pergi. Di tempat liburan bisa kemungkinan kita akan kesulitan mencari toilet atau tempat mencuci tangan. Menggunakan hand sanitizer membantu kita membersihkan tangan dari kuman dan kotoran. Sekalipun kita sedang melakukan liburan, wajib menjalankan protokol kesehatan.

Penulis: Tiendy Rose

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *