Masking (topeng) tape. Dari namanya saja pasti Sobat MORITA sudah tahu bukan?. Masking tape dikembangkan secara khusus untuk membantu melindungi permukaan dari overspray, menyediakan garis cat yang bersih, dan menghapus dengan mudah dan bersih ketika selesai. Masking Tape dapat melekat dengan baik, dan bersifat waterproof  terhadap pelarut atau cairan cat. Backing, umumnya berbahan dasar kertas krep sehingga dapat menyesuaikan dengan permukaan yang melengkung dan tidak beraturan. Pita perekat ini dapat bekerja dengan baik pada permukaan kering dan bersih dan bekerja maksimal dibawah suhu 60⁰C.

Saat ini, masking tape serbaguna telah dikembangkan, sehingga selain untuk kebutuhan otomotif, juga dapat digunakan untuk kebutuhan arsitektur, pengerasan, penyegelan, dan perataan. Selain itu, tergantung pada pabrikannya, masking tape juga hadir dalam berbagai warna sesuai dengan peruntukannya, biru muda untuk langit-langit, putih untuk arsitektur, dan kuning untuk otomotif.

Masking tape untuk otomotif harus memiliki keunggulan tahan terhadap panas yang sangat baik, dan dapat digunakan untuk garis lurus maupun pada lekukan. Bahan umumnya terbuat dari kertas Jepang, kertas krep, film, dan soft tape (selotip).

Aplikasi Masking Tape untuk pengecetan otomotif

Untuk pelapis gambar arsitektur, dibutuhkan masking tape yang tahan air dan tahan terhadap pelarut yang digunakan dalam pengecatan, tetapi tidak anti-panas. Biasanya hadir dalam warna yang mudah dan cepat dikenali / dilihat seperti hijau dan ungu sehingga tidak terlupa untuk dibuka setelah pengecatan selesai.

Aplikasi masking tape untuk arsitektur

Pelapisan permukaan kasar adalah jenis masking tape yang digunakan saat mengecat dinding eksterior seperti papan atau tembok kasar dan ubin. Juga tersedia masking tape untuk permukaan yang sangat kasar, yang dapat digunakan dengan semprotan lisin atau plesteran dan juga dapat digunakan pada dinding luar yang berpasir.

Aplikasi Masking Tape untuk pelapisan permukaan kasar

Sobat MORITA, seperti yang telah dipaparkan, masking tape memiliki berbagai jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing. Point terpenting dalam pemilihan adalah yang paling sesuai dengan kondisi pelapisan, seperti berdasarkan bentuk dan suhu objek yang akan ditempelkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *