Tanaman sereh wangi termasuk golongan rumput-rumputan yang disebut Andropogon nardus atau Cympogon nardus. Genus Cympogon meliputi hampir 80 species, tetapi hanya beberapa jenis yang menghasilkan minyak atsiri yang mempunyai arti ekonomi dalam perdagangan.

Sereh wangi bisa dijadikan minyak urut. Komoditi untuk minyak atsiri sereh wangi merupakan bahan alami yang mudah terurai sehingga aman terhadap lingkungan dan produk pertanian. Selain itu mudah didapatkan di pasar karena banyak usaha rumah tangga yang bergerak dalam bidang produksi minyak atsiri sereh wangi, memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding dengan bahan pestisida sintetik, serta mudah dalam pengaplikasian sehingga dapat dilakukan oleh setiap orang. Tanaman sereh wangi mempunyai beberapa kegunaan, salah satunya berpotensi untuk mencegah terjadinya erosi tanah dan merehabilitasi lahan-lahan kritis. Tanaman sereh wangi terutama batang dan daun bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk karena mengandung zat-zat seperti geraniol, metil heptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama sitronelal sebagai obat nyamuk semprot.  Minyak serai wangi sebagai hasil produksi berguna sebagai bahan bio-aditif bahan bakar minyak. Tanaman sereh wangi mengandung zat geraniol, metilheptenon, terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama sitronelal. Zat sitronelal ini dapat membunuh nyamuk karena memiliki sifat racun kontak (aroma), yang membuat nyamuk kehilangan cairan secara terus-menerus. Sereh wangi secara tradisional dapat digunakan sebagai campuran air mandi untuk penderita rematik, obat antiseptik, meredakan sakit kepala, melepaskan gigitan lintah, dan mengatasi gigitan serangga. Untuk membunuh nyamuk yang menjadi penyebab penyakit Demam Berdarah (DB).

Sereh wangi yang juga dikenal dengan nama citronella ini juga memiliki nama lain yakni lemongrass, barbed wire grass, silky heads, citronella grass, dan fever grass. Masyarakat Indonesia tradisional sejak lama mengenal adanya sabun sereh wangi yang dibuat dari minyak kelapa, susu, minyak zaitun, dan tentunya minyak sereh wangi. Selain untuk kulit tubuh, sabun sereh wangi juga bisa digunakan pada wajah. Adapun manfaat sabun sereh wangi diantaranya :

  1. Menghilangkan gatal-gatal di kulit (biang keringat, eksim, panu, dan kadas);
  2. Mencegah dan mengobati (mengeringkan) jerawat;
  3. Mencegah dan menghilangkan flek atau bekas jerawat;
  4. Mencerahkan kulit;
  5. Menyembuhkan pecah-pecah di kaki;
  6. Menghilangkan bau badan;
  7. Untuk keramas, selain bisa pula untuk menghilangkan ketombe;
  8. Menghilangkan rasa capek dan menghangatkan badan;
  9. Mencegah gigitan nyamuk dan serangga;
  10. Memberikan sensasi nyaman dengan kesejukan aromaterapi.

Terkadang sereh wangi (Cymbopogon nardus) dipakai sebagai bumbu masakan. Tumbuhan ini memiliki aroma serta rasa yang khas, pedas dan menyengat. Secara tradisional sereh wangi dapat menyembuhkan beberapa gejala penyakit, antara lain: nyeri, batuk dan kelelahan. Perlu kita ketahui juga bahwa ternyata limbah atsiri sereh wangi dapat dimanfaatkan menjadi pakan ternak dan pupuk organik. Limbah padat berupa ampas daunnya bisa digunakan sebagai pupuk tanaman. Sementara itu, untuk limbah cair (berupa sisa air bekas penyulingan) sedang diteliti untuk aroma terapi atau spa. Adapun minyak sereh wangi dengan aroma grassy-citrus yang hangat dikenal sebagai deodorant alami. Kehangatan dan kesegarannya mempunyai manfaat aromaterapi. Minyak sereh wangi juga bersifat anti serangga dan mampu mengurangi gatal pada kulit.

Sumber : https://babel.litbang.pertanian.go.id/index.php/sdm-2/15-info-teknologi/400-tanaman-sereh-wangi-cympogon-nardus-dan-manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *