Kain pel adalah alat yang penting untuk dijaga kebersihannya karena kain pel digunakan untuk mengelap lantai rumah yang banyak debu dan kotoran. Untuk itu, kamu tidak boleh lupa untuk selalu menjaga kebersihan dari kain pel itu sendiri, agar tetap bersih dan higienis, sehingga aman untuk digunakan di kemudian hari. Karena jika kain pel kotor dan tak higienis, itu hanya akan memindahkan kotoran yang ada dari kain pel ke sekitar rumah dan tidak membersihkan lantai dengan sempurna.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kebersihan kain pel:

  1. Bilas kain pel secara menyeluruh setelah digunakan

Setelah selesai mengepel, bilas kain pel dengan cairan pembersih seperti MorClean Sabun Pembersih Lantai dengan bersih. Kotoran yang menempel akan menyebarkan kotoran selama penggunaan berikutnya, dan sisa sabun yang tersisa dapat merusak kain pelmu.

  1. Cuci kain pel

Cuci kain pel kamu, buat campuran setengah air, setengah pemutih dalam ember bersih (cukup untuk menutupi kepala pel), dan rendam kain pel selama 15 menit. Setelah selesai, bilas kembali campuran dari kain pel sampai airnya benar-benar jernih. Cara lainnya adalah dengan membilas embermu dan isi dengan air panas, semakin panas semakin baik.   Tambahkan beberapa mililiter cuka putih ke dalam air panas, ini akan membantu melepaskan lemak atau minyak dari kain pel milikmu. Kemudian rendam kain pel dalam larutan cuka selama beberapa menit. Setelah direndam, bilas kain pel hingga airnya jernih.

  1. Biarkan kain pel benar-benar kering

Untuk mencegah pertumbuhan bakteri, pastikan kain pel kering sebelum disimpan. Untuk melakukannya, mulailah dengan memeras kain pel sebanyak yang kamu bisa. Kemudian letakkan kepala pel di luar runah atau gantung di atas tali jemuran yang terpancarkan sinar matahari secara alami yang akan membunuh bakteri dan jamur. Jika tidak memungkinkan, tegakkan kain pel di area kering dan berventilasi baik lainnya. Tujuannya untuk menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri.   Jangan sampai membuat kain pel menjadi tempat pertumbuhan jamur. Sebab, setelah jamur mulai tumbuh, kain pel tidak lagi efektif sebagai alat pembersih. Mengepel dengan kain pel yang penuh jamur hanya akan menyebarkan bakteri dan bau di lantai sekitar rumahmu.

  1. Simpan kain pel dengan benar

Tempat yang sejuk dan kering adalah lokasi penyimpanan yang sempurna. Cobalah menggantungnya agar kepala pel tidak menyentuh lantai.

  1. Ganti Kain Pel Secara Berkala

Usahakan untuk mengganti kain pel setiap dua hingga tiga bulan atau lebih cepat jika terlihat sangat kotor. Kain pel yang kotor dan usang tidak akan efektif untuk membersihkan lantai, jadi sebaiknya kamu menggantinya jika keadaannya sudah tampak tidak oke.

Sumber: https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/24/080300776/cara-menjaga-kain-pel-tetap-bersih-dan-higienis?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *