Sampai saat ini aromaterapi dipercaya dapat membantu menenangkan suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, dan banyak manfaat kesehatan lainnya. Berikut ini adalah 9 jenis aroma terapi dan manfaatnya untuk kesehatan kamu :

  1. Rosemary

Aroma rosemary adalah salah satu jenis minyak yang menyegarkan. Aroma terapi dari bunga ini bersifat sebagai stimulan dan analgesik yang bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala dan nyeri otot. Selain itu, jenis aroma terapi ini juga merangsang fungsi kekebalan tubuh, sirkulasi darah dan sistem pencernaan. Rosemary juga baik untuk sistem saraf dan bertindak seperti antidepresan. Rosemary juga dapat menghilangkan gangguan terkait stres dan kelelahan mental. Sebagai antiseptik, anti bakteri dan anti jamur, juga dapat membersihkan tubuh dan menghilangkan rasa sakit.

  1. Jasmine

Jasmine atau melati adalah aroma terapi yang bisa digunakan untuk meringankan nyeri pada perempuan yang sedang menstruasi. Minyak aroma terapi jasmine telah digunakan selama ratusan tahun di wilayah Asia sebagai obat untuk depresi, kecemasan, stres dan insomnia. Minyak melati ini bekerja mempengaruhi sistem saraf yang mempengaruhi kerja organ tubuh seperti denyut jantung, suhu tubuh, kewaspadaan, tekanan darah dan pernapasan. Selain itu, aromanya yang segar juga bisa memberikan efek relaksasi untuk tubuh.

  1. Lavender

Karena aromanya yang menyegarkan, sejak lama lavender populer digunakan sebagai pengharum ruangan dan campuran dalam garam mandi. Lavender adalah aroma terapi yang memiliki manfaat meredakan stres, sakit kepala, migrain, juga mempercepat penyembuhan dari sakit flu dan luka bakar. Selain itu, Lavender juga bisa digunakan sebagai antidepresan. Pemakaian aroma terapi lavender bisa digunakan untuk mengurangi nyeri kepala dan stress.

  1. Tea Tree

Tea Tree merupakan wewangian yang berasal dari ekstrak daun teh. Aroma ini sangat populer digunakan sebagai campuran produk perawatan kulit, mulai dari parfum, lotion, shampo, sabun, hingga obat kumur. Tea tree dipercaya memiliki manfaat meningkatkan kekuatan imunitas tubuh, membantu mengatasi infeksi, mempercepat penyembuhan luka, melegakan jalur pernapasan, mengatasi ketombe, dan juga menghalau serangga.

  1. Peppermint

Peppermint termasuk jenis aroma terapi yang banyak dipilih perempuan. Aroma terapi ini bermanfaat sebagai dekongestan, anti spasmodik, dan stimulan. Selain itu, aromanya yang fresh dan menyejukkan juga bisa digunakan untuk mengatasi mual dan kelelahan mental. Tak hanya itu, peppermint juga terkenal sebagai obat untuk masalah pencernaan seperti diare, mual dan perut kembung. Aroma ini sangat menyegarkan dan merangsang hati, usus dan sistem saraf. Sebagai obat penghilang rasa sakit itu bisa menyembuhkan sakit kepala, sakit gigi serta nyeri otot.

  1. Geranium

Geranium umumnya dianggap sebagai minyak yang feminin karena menyeimbangkan hormon wanita. Juga dapat mengobati masalah PMS dan menopause. Geranium bersifat menenangkan, menyegarkan dan mengangkat gejala kecemasan, stres dan depresi. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2015 menunjukkan bahwa minyak geranium dapat membantu mengurangi cemas pada wanita hamil selama persalinan. Studi ini menyimpulkan bahwa manfaat minyak geranium yang efektif mengurangi gejala kecemasan dapat direkomendasikan sebagai pengobatan non-invasif selama persalinan.

  1. Ylang – Ylang

Aroma ylang-ylang yang wangi dan kuat datang dari bunga Kenanga. Salah satu jenis aroma terapi ini sangat mudah dikenali. Secara tradisional, ylang-ylang digunakan sebagai penenang dan antidepresan untuk sistem saraf. Ini mengobati depresi, kecemasan, ketegangan dan stres terkait insomnia. Aromanya bisa membuat tubuh mengatur sistem sirkulasi dan menyeimbangkan fungsi tubuh seperti mengurangi tekanan darah. Pemakaian aromaterapi ylang-ylang juga bisa membantu meredakan sakit kepala dan mual, menormalkan tekanan darah, menstimulasi pertumbuhan rambut, serta mengendalikan produksi kelenjar minyak di dalam kulit.

  1. Eucalyptus

Eucalyptus sudah lama dikenal sebagai obat untuk masalah pernapasan seperti batuk, pilek, asma, infeksi dada dan sinusitis. Aroma terapinya juga bisa meredakan peradangan, mengurangi demam, mengobati infeksi kulit dan mengurangi rasa sakit akibat luka bakar serta mengurangi ketegangan otot, mengobati rematik dan fibrositis serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Bergamot

Bergamot adalah salah satu jenis buah citrus yang kulitnya digunakan untuk mengekstraksi minyak esensial. Nama latin Bergamot adalah Citrus aurantiumvar, atau Citrus bergamia. Minyak bergamot memiliki aroma yang sangat manis, dan banyak digunakan untuk pengobatan di bidang perindustrian. Aroma terapi bergamot bermanfaat untuk meredakan stres, menstimulasi liver untuk membersihkan zat-zat bersifat racun dari dalam tubuh, melancarkan sistem pencernaan, mengatasi masalah kulit seperti eksim, dan memperbaiki mood.

Sumber : https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00269238.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *